Selamat datang di jendeladakwahkampus.Com

Agus Musoleh ~ Membangun Kesadaran dan Mengembangkan Potensi Mahasiswa

Penulis : Agus Musoleh
E-Mail : agusmustanir@gmail.com
Terbit : Hari Minggu, 30 September 2012
Judul : Apa Yah Pengertian Teknologi Komunikasi?

:: Lihat Info Lengkap Penulis ! ::

Apa Yah Pengertian Teknologi Komunikasi?

Minggu, 30 September 20120 komentar

pengertian teknologi komunikasi
Hallo sobat! Setelah sekian lama saya bikin blog akhirnya saya bisa mulai untuk memposting artikel di blog jendela dakwah kampus ini. Sebelumnya saya tidak memposting karena selalu mengutak atik template dan selalu erorr sehingga membuat saya jengkel, tapi alhamdulillah setelah sekian lama bersabar dan terus belajar secara perlahan untuk memperbaiki, akhirnya jadi juga. Mudah-mudahan sampai kedepan blog ini bisa memberikan manfaat bagi sobat semua.

Oke sobat, kali ini saya akan berbagi pengetahuan tentang pengertian teknologi komunikasi.

Materi ini saya dapat ketika belajar di kampus dalam pelajaran pengantar teknologi komunikasi. Sebagai bahan informasi, saya kuliah ngambil jurusan ilmu komunikasi (hehe. . .emang ada yang nanya yah). Nah sobat, untuk mempelajari lebih jauh soal teknologi komunikasi, terlebih dahulu kita harus tahu pengertiannya. Kenapa? karena untuk mengetahui sesuatu, segalanya harus dimulai dari pengertian.

Teknologi kominiasi terdiri dari 2 kata yaitu teknologi dan komunikasi.

Pengertian Teknologi Apa sobat mepunyai HP? Punya dong, sekarang kan zamannya teknologi, mana mungkin tidak punya, anak desa seperti saya aja punya, hehe. . . bahkan saya mendengan dari dosen saya bahwa seorang peminta-minta di jalan pun sekarang ada yang mempunyai HP, kalaupun ada yang tidak mempunyainya, itu hanya sebagian kecil. Tapi bukan itu yang akan kita bicarakan. Ketika sobat menelepon atau mengirim sms kepada teman yang jauh, apa yang dirasakan? Terasa dekat? Nah itulah teknologi. Ketika melakukan hal yang sama, tetapi teman itu berada di hadapan kita, apa yang dirasakan? Terasa jauh, karena ketika kita mengirim sms misalnya, kita harus menunggu beberapa menit, padahal kita bisa ngomong langsung, toh teman kita ada dihadapan kita, benar ga?

Dari pemaparan saya tadi sobat bisa menyimpulkan sendiri apa pengertian dari teknologi. Teknologi adalah menjauhkan yang dekat, mendekatkan yang jauh. Dalam pengertian yang lain juga teknologi dapat dikatakan sebagai alat atau sistem untuk mempermudah kehidupan manusia.

Pengertian Komunikasi Untuk komunikasi saya akan mengutip teori dari Harold Laswell. Menurutnya, komunikasi itu terdiri dari 5 komponen:
  1. Who says, orang yang berbicara atau disebut dengan komunikator/sumber
  2. Says what, pesan apa yang mau disampaikan
  3. In which channel, saluran/media apa yang digunakan untuk menyampaikan pesan
  4. To whom, orang yang diajak bicara atau disebut dengan komunikan
  5. With what effect, adanya feedback/umpan balik dari komunikan kepada komunikator ketika menyampaikan pesan.
Jadi sobat, dari sini kita dapat melihat pengetian komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan melalui saluran/media untuk menghasilkan feedback/umpan balik.

Pengertian Teknologi Komunikasi

Kalau sudah mengetahui pengertian dari teknologi dan komunikasi, sangat mudah bagi kita untuk mengetahui pengertian teknologi komunikasi, yaaaaa tinggal kita gabungkan saja. Teknologi komunikasi adalah alat atau sistem yang akan mempermudah proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan melalui saluran/media untuk menghasilkan feedback/umpan balik. 
Sudah tahu kan sobat apa pengertian teknologi komunikasi, sekarang giliran saya untuk pamit undur diri, hehe. . . mudah-mudahan semua yang disampaikan dapat dimengerti dan dipahami.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Jendela Dakwah Kampus - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger